Senin, 21 September 2009

Makanan Sehat Untuk Payudara

vegie1

Rekan semua, saat ini secara pasti masih belum diketahui cara untuk dapat mencegah kanker payudara. Semua pihak berusaha untuk menemukan cara mengurangi risiko penyakit ini. Penelitian medis secara luas berusaha menemukan perbaikan pola hidup yang diyakini sebagai cara ampuh mengurangi risiko kanker payudara juga kanker yang lain. Cara hidup tersebut meliputi pola makan, aktivitas fisik, pengurangan konsumsi alkhohol dan menghindari rokok.

Kita semua butuh makan. Namun kita juga tahu tidak semua makanan memberi manfaat bagi tubuh kita. Karenanya, jika anda ingin meningkatkan kualitas hidup, yakinkan bahwa anda hidup denga pola makan yang sehat! Apa saja makanan sehat itu? Ini dia ringkasannya…

Makan makanan yang sehat, bukan berarti menghentikan semua menu favorit! Makan makanan yang sehat adalah berusaha mengkonsumsi alternative yang lebih sehat dan menghilangkan yang tidak diperlukan.

Untuk kesehatan payudara yang optimal, terdapat beberapa bahan makanan yang harus anda masukkan dalam menu makan sehari-hari.

Buncis merupakan makanan dengan kategori bergizi tinggi. Juga semua sayuran bertulang ampuh untuk mencegah kanker payudara. Berdasar penelitian, wanita yang mengkonsumsi buncis dua kali seminggu, risiko terkena kanker payudara berkurang 24%, dibandingkan dengan yang hanya seminggu sekali.

beans

Sayuran bertulang, seperti kubis, kembang kol dan brokoli merupakan makanan pilihan paling sip untuk kesehatan payudara. Sayuran tipe ini mengandung sulforaphane dan indole yang keduanya diketahui merupakan zat kimia hijau (phytochemical) paling ampuh sebagai anti kanker payudara. Sayuran bertulang ini lebih baik dimakan secara mentah atau dimasak sebentar saja, karena panas akan menghilangkan phytochemical yang terkandung.

Sayuran Bertulang (Cruciferous Vegetables)

Pilihan makanan lain yang lezat dan menyehatkan adalah jeruk. Buah favorit ini mengandung banyak folic acid, vitamin C, dan semua jenis phytochemical. Jeruk merupakan salah satu makanan alami yang ampuh melawan kanker payudara.

orange

Sayuran yang kaya carotenoid, seperti tomat, ubi jalar, wortel, bayam, dan cabai paprika juga merupakan makanan lezat dan menyehatkan. Kelompok sayuran ini ampuh melawan kanker karena kandungan zat warnanya yang disebut carotenoid. Masak sebentar sebelum disantap, agar carotenoid memberi manfaat optimal dalam tubuh kita.

vegie2

Semua makanan berbahan kedelai, seperti susu kedelai, tofu, tahu, dan tempe, juga kedelai panggang memiliki struktur gizi sebagai sumber isoflavon terbaik . Isoflavon merupakan estrogen yang terkadung dalam tanaman. Sejak diketahui bahwa isoflavon ampuh melindungi payudara dari efek karsinogenik , semua makanan dari kedelai menjadi pilihan makanan yang sehat.

soy-food

Vitamin D memiliki peran vital dalam melawan kanker payudara. Dan sejak kejadian kekurangan vitamin D banyak ditemukan, sumber makanan sehat bervitamin D banyak dicari. Ikan yang banyak mengandung minyak, seperti tuna, sardine, salmon, makarel secara alami mengandung banyak vitamin D dan asam lemak omega 3 yang diketahui penting untuk kesehatan payudara.

salmon-and-mackerel

Minyak zaitun asli diketahui sangat berguna bagi kesehatan payudara dan jantung. Sejak ditemukannya zat anti kanker di dalam munyak zaitun, minyak ini menjadi pilihan bijak saat kita memasak.

olive_oil_2

Buah berry banyak mengandung vitamin C, serat, juga flavonoid phytochemical. Yang hebat lagi dari buah berry adalah rendah kalori. Buah lezat ini mengadung zat anti kanker dan dapat dihidangkan dalam berbagi cara. Heemmm…

berries

Memang, buncis ataupun brokoli, mungkin tak selezat beef burger. Namun lebih sekedar rasa di lidah, akan lebih baik jika apa yang kita makan membuat kita sehat, panjang usia, dan awet muda. Amiiin…. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar