Selasa, 22 September 2009

Inflammatory Breast Cancer

chinese

Rekan semua, satu lagi jenis kanker payudara yang gejalanya bukan berupa benjolan sebagai mana terjadi pada kanker payudara pada umumnya. jenis kanker payudara ini bersifat menyerang pembuluh getak bening dan menimbulkan peradangan payudara. Apakah kanker ini? Apa gejala dan bagaimana penanganannya? Berikut uraiannya…

Inflammatory breast cancer merupakan bentuk akselerasi atau percepatan kanke payudara yang biasanya tidak terdeteksi oleh mammogram atau USG.

Merupakan jenis kanker payudara yang jarang terjadi, hanya berkisar 1% - 3% dari seluruh kejadian kanker payudara. Penderita akan mengalami pembekakan dan peradangan payudara. Hal ini disebabkan oleh sel kanker yang menyumbat pembuluh limfe (getah bening) yang ada di bawah kulit payudara.

inflammatory2Inflammatory Breast Cancer (www.mayoclinic.com)

Gejala Inflammatory Breast Cancer

Berbeda dengan gejala kanker payudara pada umumnya, inflammatory breast cancer tidak menunjukkan gejala adanya benjolan. Penyakit muncul sebagai sarang atau lapisan yang menutup system limfe atau getah bening di bawah kulit. Kandang gejala yang muncul dianggap sebagai gejala penyakit lain, sehingga diagnosis seringkali membutuhkan waktu yang panjang.

Gejalanya meliputi:

  1. Nyeri payudara. Sering inflammatory breast cancer salah diagnosis dan dianggap sebagai infeksi payudara dan diberikan antibiotik sebagai pengobatannya. Jika selama satu minggu antibiotik tidak berpengaruh, biopsi akan dilakukan.
  2. Perubahan kulit di area payudara. Biasanya berubah menjadi merah atau merah jambu dengan tekstur dan ketebalan seperti kulit jeruk (peau d’orange).
  3. Memar payudara yang berlangsung terus menerus.
  4. Pembengkakan payudara secara tiba-tiba.
  5. Rasa gatal pada payudara.
  6. Puting tertarik ke dalam dan mengeluarkan cairan.
  7. Pembekakan simpul limfe di bawah ketiak atau di leher.
inflammatoryPerkembangan Inflammatory Breast Cancer dalam 4 bulan

Penanganan Inflammatory Breast Cancer

Inflammatory breast cancer adalah kanker agresif yang dapat menyebar secara cepat. Penanganannya meliputi:

  1. Pembedahan. Jika inflammatory breast cancer belum menyebar, mastektomi dapat dilakukan untuk mengangkat tumor. Namun perlu diketahui bahwa mastektomi akan meningkatkan peluang kembalinya kanker jenis ini karena inflammatory breast cancer terkait dengan simpul limfe di kulit dan kulit dijahit kembali setelah operasi pembedahan.
  2. Kemoterapi. Sering diberikan sebelum pembedahan atau disebut neoadjuvant therapy untuk mengurangi jumlah tumor yang ada serta mengurangi risiko kambuhnya kanker.
  3. Kemoterapi Dosis Tinggi/ Transplantasi Sumsum Tulang. Peneliti mempelajari pemberian kemoterapi dosis tinggi yang diikuti transplantasi sumsum tulang atau sel inti (bone marrow or stem cell transplantation) untuk menangani inflammatory breast cancer.
  4. Radiasi. Seringkali radiasi diberikan setelah kemoterapi dan atau pembedahan

Sumber: www.medicinenet.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar