Selasa, 22 September 2009

Paget’s Disease of the Nipple

my-boobies

Rekan semua, pada tulisan ini saya akan menguraikan jenis kanker payudara yang muncul bukan di bagian dalam payudara, namun di kulit payudara khususnya areola dan puting. Anda pernah mendengar Paget-s disease? Yuk, kita simak bersama…

Paget’s disease puting payudara muncul dalam bentuk penyakit kulit eksim (eczematous) yang menyerang areola dan puting. Muncul pada payudara wanita yang biasanya juga penderita invasive intraductal carcinoma. Paget’s disease muncul sekitar 1% - 2% dari seluruh kejadian kanker payudara.

Penyakit ini dimulai dengan timbulnya rasa gatal, serta sensasi seperti ditusuk-tusuk dan terbakar di salah satu puting. Paget’s disease biasanya bersifat unilateral atau hanya terjadi pada salah satu payudara. Area yang terserang eksim kemudian akan menjadi borok, mengerak, dan pecah-pecah, diikuti keluarnya cairan bercampur darah dari puting. Batas borok (luka) jelas sangat terlihat dengan bentuk tak beraturan. Puting akan tertarik ke dalam atau berubah bentuk.

pagetsPaget’s Disease Puting Payudara (www.medscape.com)

Diagnosis Paget’s Disease

Kondisi yang terjadi sering rancu dengan dermatitis, namun penyakit gatal-gatal (pruritus) yang berkaitan dengan dermatitis biasanya akan sembuh dengan pengobatan topical steroid, sedangkan Paget’s disease tidak. Limapuluh persen penderita Paget’s disease memiliki massa di payudara yang dapat diraba/dirasakan keberadaannya. Diagnosis dapat diketahui secara pasti dengan melakukan biopsy kulit yang mengandung sel tipikal Paget.

nippledermatitisDermatitis Puting Payudara (www.visualdxhealth.com)

Penanganan Paget’s Disease Puting Payudara

Radikal mastectomy merupakan penanganan bagi penderita Paget’s disease puting payudara. Tingkat kesembuhan secara umum baik, jika diketahui secara dini. Diperkirakan 98% penderita bertahan hidup 5 tahun setelah mastektomi dilakukan.

radical-mastectomyMastektomi Radikal (www.catalog.nucleusinc.com)

Sumber :
www.medscape.com
www.visualdxhealth.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar