Selasa, 22 September 2009

Tubular Carcinoma

hands-around

Rekan semua, masih tentang kanker di saluran susu, satu jenis lain yang akan saya uraikan dalam tulisan ini. Tubular carcinoma, nama yang didasarkan pada bentuk sel kankernya. Apa saja yang rekan semua perlu ketahui? Mari kita simak bersama…

Tubular carcinoma merupakan satu jenis dari kanker payudara invasive ductal carcinoma. Nama tubular diambil dari tampilan mikroskopis, dimana sel kanker berbentuk tabung kecil. Tubular carcinoma cenderung kecil, estrogen-receptor positive, HER2/neu negative. Pada beberapa kasus, sel kanker tubular tercampur dengan sel kanker ductal (di saluran susu) dan lobular (kelenjar susu), yang akan menghasilkan diagnosis tumor gabungan.

Tubular carcinoma atau juga disebut tubular breast cancer, TC, tubulolobular – TLC (jika gabungan dengan kanker lobular – kelanjar susu), terjadi sekitar 2% dari seluruh diagnosis kanker payudara. Pasien penderita tubular carcinoma biasanya berusia 50 tahun ke atas.

Tubular Carcinoma berbeda dengan Payudara Tubular (Tubular Breasts)

Payudara tubular atau tuberous breasts adalah kondisi bawaan lahir payudara (congenital breast condition), dimana payudara tidak berkembang sebagai jaringan kelenjar sebagaimana seharusnya payudara seorang wanita dewasa. Payudara tubular memiliki ciri areola (lingkaran gelap payudara) yang luas, terletak sangat rendah di dinding dada, dan tumbuh dengan kecenderungan melorot.

tubular-breastPayudara tubular (www.adjustablegelimplant.com)

Di Amerika, wanita dengan payudara tubular, biasanya akan terbantu dengan melakukan bedah plastik (plastic surgery) perbaikan bentuk payudara untuk mendapatkan bentuk payudara yang lebih mendekati normal. Jadi, memiliki payudara tubular tidak sama dengan menderita tubular carcinoma.

Tanda dan Gejala

Anda mungkin tidak dapat merasakan benjolan kecil dari tubular carcinoma, tapi akan terlihat jika anda menjalani pemeriksaan mamografi rutin. Jika pada tumor juga terdapat sel invasive ductal cancer, maka anda akan lebih dapat merasakan benjolannya. Ketika sel kanker tubular bergabung dengan lobular breast cancer (tubulolobar), maka gejala yang anda rasakan lebih mengarah sebagaiamana jika anda menderita invasive lobular carcinoma, yaitu adanya area yang mengalami penebalan.

Bagaimana Tubular Carcinoma Didiagnosis

Tubular carcinomas biasanya sangat kecil, namun akan tampak jika diperiksa dengan mammogram. Tampilan tubular carcinoma adalah massa dengan dengan batas-batas meruncing atau bergerigi. Pada hasil dengan USG, tubular carcinoma tampak sebagai massa dengan batas yang kabur dan terjadi kalsifikasi (penumpukan kalsium) di sekitarnya. Pusat tumor terlihat lebih padat dibandingkan area disekitarnya. Biopsi akan diperlukan untuk mengambil contoh jaringan yang kemudianakan diuji secara mikroskopik di laboratorium oleh ahli patologi.

tubular-carcinomaMammogram tubular carcinoma (www.gmrh.ch)

Ukuran Tumor dan Tingkat Kesembuhan

Tubular carcinoma biasanya berukuran kecil, dengan diameter sekitar 1 -2 cm dan tidak menyebar jauh dari titik awal pertumbuhan tumor. Meski mungkin terjadi, namun biasanya tubular carcinoma tidak menyebar lewat simpul limfe dan tidak menyerang simpul limfe, artinya kemungkinan mengganas (metastasis) menjadi lebih kecil. Peluang pulih dan bertahan hidup setelah penanganan tubular carcinoma sangat tinggi.

Penanganan Tubular Carcinoma

Lumpectomy (pembedahan untuk mengangkat tumor kecil dan jaringan di sekitarnya)
Wide Local Excision (WLE) (pembedahan untuk mengangkat tumor yang lebih besar dan setidaknya 1 cm jaringan di sekitarnya)
Radiation therapy (merupakan pilihan)
•Hormonal therapy

Sumber tulisan : www.breastcancer.org dan www.about.breastcancer.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar